Ditulis pada tanggal 17 November 2021

Walaupun telah menyelesaikan studinya dan tidak lagi berada di kampus, namun alumni memiliki peran penting bagi perkembangan dan kemajuan universitas dan program studinya, khususnya untuk pengusulan akreditasi perguruan tinggi dan/atau program studi, memberikan masukkan dalam revisi kurikulum, dan juga sebagai mitra dalam pengembangan proses pembelajaran.

Sejak mahasiswa angkatan pertama tahun 2002 hingga wisuda periode I Tahun Akademik 2021/2022, Fakultas Teknologi Pertanian telah meluluskan sebanyak 169 mahasiswa, dan jumlah ini akan meningkatkan terus setiap tahunnya. Saat ini para alumni tersebut tersebar di seluruh Tanah Papua dan juga di luar Papua. Oleh karena itu untuk memudahkan komunikasi antara pihak universitas/fakultas/program studi dan para alumni dan juga komunikasi antar sesama alumni untuk sharing informasi maka diperlukan wadah dalam bentuk ikatan alumni. Ikatan alumni Teknologi Pertanian Universitas Papua sebenarnya telah terbentuk sekitar tahun 2015/2016, namun wadah tersebut sempat vakum sehingga perlu diaktifkan kembali.

Tanggal 4 November 2021 telah diselenggarakan acara “Temu Kangen” secara online dengan seluruh alumni. Salah satu agenda pada acara tersebut adalah rencana pengaktifan kembali ikatan alumni Fateta Unipa. Ternyata rencana tersebut mendapat respon positif dari para alumni. Selanjutnya pada tanggal 13 November 2021 dilaksanakan pertemuan lanjutan secara online dan offline untuk menindaklanjuti rencana tersebut.

Dalam pertemuan tersebut telah disepakati nama ikatan alumni, yaitu “Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Papua (IKA FATETA UNIPA)”. Selain itu, telah terbentuk pula steering committee yang bertugas untuk menyusun draft Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga dan sekaligus sebagai panitia pemilihan pengurus inti dan para koordinator bidang/divisi.

Tim steering committee tersebut terdiri dari:

– Ketua            : John Emanratu (2013)

– Anggot          : 1. Sitti M. Shoimah (2008)

                          2. Christine Upuya (2015)

                          3. Rosa M.M. Latumahina (2004)

                          4. Dessy Wambrau (2014)

                          5. Pascalina Rumbiak (2014)

                          6. Dressy Orisu (2013)

                          7. Frides Cliver (2015)

                          7. Frides Cliver (2015)

Melalui pengaktifan kembali ikatan alumni ini harapannya akan memberikan dampak positif khususnya bagi Universitas Papua dan Fateta Unipa dan juga untuk para alumni. Kiranya Tuhan yang Maha Kuasa memberkati kita semua.

Peserta Temu Kangen Alumni Secara Offline
Peserta Temu Kangen Alumni Secara Online