Ditulis pada tanggal 27 June 2022

Pada hari senin, 27 Juni 2022, beberapa dosen Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Papua melakukan kegiatan “Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah”. Pelatihan dibuka oleh Wakil Dekan III FATETA dan dalam sambutannyam, Ir. Budi Santoso, MP.,Ph.D mengharapkan agar setalah mengikuti pelatihan ini, peserta dapat meningkatkan pengetahuannya dalam menulis karya ilmiah, khususnya skripsi/tugas akhir.

Kegiatan pelatihan dilakukan secara blanded  (online dan offline) dan diikuti oleh kurang lebih 30 orang yang berasal dari Universitas Papua dan dari Perguruan Tinggi lainnya di Papua dan Papua Barat, bahkan ada yang berasal dari Perguruan Tinggi di Luar Papua.

Materi Pertama terkait Etika dalam Penulisan Karya Ilmiah disampaikan oleh Dr. Hostalige Hutasoit, S.TP.,M.Si, selanjutnya adalah Sitasi dan Referensi oleh Dr.Meike M Lisangan, SP.,M.Si. Materi ke tiga diberikan oleh Desi N Edowai, S.TP.,MP tentang Parafrase dan untuk Materi ke empat tentang Uji Kemiripan dan Pembuatan Ringkasan, disampaikan oleh Arif Faisol, S.TP.,M.Sc. Pelatihan ini diakhiri dengan materi oleh Bertha Olin Paga, S.TP.,M.Si tentang pembuatan template secara otomatis. Proses pelatihan dalam bentuk pemberian materi dan tanya jawab ini, dipandu oleh ibu Risma Situngkir, S.Si.,M.Si.

Mahasiswa diwajibkan menulis sebuah karya ilmiah pada akhir studinya. Pengetahuan terkait penulisan karya ilmiah yang baik dan benar sangat dibutuhkan. Melalui materi ini, diberikan pemahaman terkait etika dalam menulis yang harus memperhatikan tiga hal utama yaitu kenetralan, keadilan dan kejujuran. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka dalam menulis wajib menghindari similaritas dengan karya orang lain, sehingga diberikan materi terkait paraphrase, sitasi dan referensi. Selain itu, pada materi uji kemiripan diberikan informasi terkait cara untuk mengetahui tingkat kemiripan karya ilmiah sesorang dengan karya ilmiah lainnya. Pada materi penulisan abstrak dan pembuatan template secara otomatis, materi disampaikan secara teknis dengan langsung menunjukan teknik pembuatannya.

Hampir semua peserta menyimak dan aktif dalam proses diskusi. Ada beberapa pertanyaan dari peserta terkait sitasi dan referesnsi, paraphrase, similarity, abstrak dan lain-lain. Di akhir kegiatan, setiap peserta diberikan sertifikat dan juga modul / materi pelatihan dan dengan demikian diharapkan semua peserta mampu meningkatkan pemahaman terkait penulisan karya ilmiah.