Ditulis pada tanggal 10 May 2021

NFTC (National Food Technology Competition) merupakan suatu kegiatan tahun yang diselenggarakan oleh Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS). Kegiatan ini merupakan kegiatan yang berskala nasional dan merupakan ajang pertukaran ide, gagasan ataupun inovasi dari para inteklektual mudah calon ahli teknologi pangan. Kegiatannya meliputi seminar, Lomba karya tulis ilmiah (KTI) dan poster, yang pendaftarannya dibuka sejak 28 Januari sampa 20 Maret 2021. Pada kesempatan tersebut para mahasiswa ditantang untuk bersikap proaktif, kreatif dan berinovasi untuk memanfaatkan pangan lokal yang ada di sekelilingnya untuk memproduksi bahan baku nasional. Tema yang unjung pada NFTC tahun 2021 ini adalah “Strategi Inovasi Teknologi Pangan dan Pemanfaatan Bahan Pangan Lokal untuk Peningkatan Nilai Jual Pangan Lokal”.

Pelaksanaan NFTC pada Tahun 2021 ini diselenggarakan secara Daring (online) karena pandemic covid-19. Peserta NFTC adalah seluruh mahasiswa teknologi pertanian maupun pangan dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia. Adapun para peserta lomba yang lolos dalam Lomba POSTER sebagai finalis sebanyak 7 tim, dan Lomba Karya Tulis Ilmiah sebanyak dan 6 tim.

Peserta dari FATETA UNIPA, berhasil masuk sebagai finalis baik pada Lomba poster (TIM 4) maupun Lomba karya Ilmiah (TIM 6); yang terdiri dari 3 mahasiswa yaitu 1)Rahel Levina Winda Sari Sirait, 2)Monika Jupiter Arung Padang dan 3)Fitri Iriani dibawah bimbingan Ibu Dr. Zita L. Sarungallo, S.TP., M.Si. dengan Judul Poster dan karya tulis ilmiah yang disajikan adalah Inovasi Mikroenkapsulat minyak buah merah (Pandanus conoideus) kaya antioksidan sebagai ingredient alami.

Lomba Poster yang lolos diwajibkan membuat video yang diunggah di Instagram NFTC. Ke-7 video Poster yang lolos seleksi dapat disaksikan pada Link IG NFTC yaitu: https://www.instagram.com/tv/COUqrDBjjNGqLfhckJ0QnB9QrLXVUgiLIZWemE0/?igshid=12uemkz5ot30b

Puncak acara NFTC ini berlangsung selama 2 hari yaitu tanggal 7-8 mei 2021. Tanggal 7 Mei merupakan seminar dan pengumuman kompetisi POSTER; sedangkan tanggal 8 Mei 2021 merupakan persentasi karya ilmiah dari ke-6 Tim yang lolos.

Adapun juara NFTC 2021 Kompetisi Karya Tulis Ilmiah adalah:

Juara 1: Tim 4 dari Binus (Zingiboom)

Juara 2: Tim 5 dari Binus (Orymame-Jipang)

Juara 3: Tim 6 dari Universitas Papua (Mikroenkapsulat Buah merah)

Semoga di tahun mendatang lebih banyak tim mahasiswa dari Fateta Unipa yang berpartisipasi dan lolos dalam ajang lomba ilmiah mahasiswa serta membawa harum nama Universitas Papua pada kancah Nasional maupun internasional.

Para dewan juri NFTC 2021
Para peserta NFTC 2021

Para peserta NFTC 2021
Rahel Sirait (ketua tim Fateta Unipa) sementara melakukan presentasi