Lomba Inovasi Tingkat Nasional, HMJ TPB UNIPA Juara III

Pekan Teknik Pertanian Nasional XIII Tahun 2023 dilaksanakan di Universitas Sam Ratulangi Manado yang dimulai tanggal 25 Maret dan berakhir tanggl 30 Maret 2023. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa Teknik Pertanian dari berbagai Universitas di Indonesia.

Salah satu agenda dalam kegiatan ini adalah Lomba Inovasi. Lomba inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan teknologi serta ilmu pengetahuan di bidang teknik pertanian. Peserta diwajibkan untuk mempresentasikan jenis inovasi yang dihasilkan. Berdasarkan penilaian tim penilai, maka Juara I diraih oleh mahasiswa teknik pertanian UGM, Juara II oleh mahasiswa UNSOED dan Teknik Pertanian dan Biosistem FATETA UNIPA berhasil meraih Juara III. Lomba ini diikuti oleh 22 (dua puluh dua ) Universitas di Indonesia.

Jenis Inovasi yang ditampilkan HMJ TPB UNIPA adalah “Biopelet dari biji buah merah (Pandanus conoideus) sebagai alternatif bahan bakar.” Alat yang ditampilkan adalah mesin pencacah/penghancur biji buah merah dan pencampur adonan buah merah dan biji buah merah dalam satu rangka.



Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *