Ditulis pada tanggal 12 April 2021

Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) merupakan salah satu tridarma yang wajib dilakukan oleh perguruan tinggi. Untuk mewujudkan pengabdikan kepada masyarakat tersebut, maka salah satu program yang dilakukan Fakultas Teknologi Pertanian Unipa adalah program kampung binaan. Tujuan program kampung binaan ini yaitu untuk mempercepat alih/transfer teknologi kepada masyarakat sehingga peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud.  

Mengawali pembentukan kampung binaan tersebut, pada hari Sabtu, 10 April 2021, Fateta Unipa melakukan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) bersama aparat kampung Sidey Baru untuk memulai program kampung binaan.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh seluruh pimpinan Fateta Unipa dan seluruh pimpinan/ aparat Kampung Sidey Baru antara lain Kepala Kampung, Sekretaris Kampung, Ketua BUMDes, Sekretaris BUMDes dan para pengurus kampung lainnya. Pertemuan dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Dalam FGD tersebut, aparat Kampung Sidey Baru sangat setuju dan mendukung jika Kampung Sidey Baru menjadi kampung binaan dari Fakultas Teknologi Pertanian Unipa. Dalam diskusi tersebut, berbagai komoditi unggulan serta kendala yang dihadapi oleh masyarakat Kampung Sidey Baru diinventarisir sebagai dasar dalam menyusun prioritas program kampung binaan tersebut.

Pada pertemuan tersebut telah disepakati untuk dilakukan pertemuan lanjutan guna membahas secara rinci program kegiatan yang akan dilakukan bersama serta melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Fateta Unipa dan Kampung Sidey Baru.

Dekan Fateta, Dr. Zita L. Sarungallo, S.TP, M.Si, menyampaikan penghargaan kepada aparat Kampung Sidey Baru yang memberikan respon yang baik atas rencana program kampung binaan. Selain itu, program ini juga, menurut Dekan, dapat mendukung pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang akan melibatkan mahasiswa, dan dosen dalam perkuliahan, praktikum, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Setelah dilakukannya FGD, Tim Fateta Unipa melakukan kunjungan ke Rice Milling Unit (RMU) yang ada di Kampung Sidey Baru. RMU tersebut merupaka bantuan dari Pemerintah Daerah Kab. Manokwari untuk mendukung produksi beras yang merupakan salah satu produk utama di Kampung Sidey Baru.