Ditulis pada tanggal 1 November 2020

Pada tanggal 31 Oktober 2020, Fakultas Teknologi Pertanian  (Fateta) Universitas Papua (UNIPA) menyelenggarakan webinar pelatihan kewirausahaan dengan mengusung tema: Sukses Menjadi Pengusaha Muda”. Program pelatihan kewirausahaan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman kewirausahaan serta mendorong minat atau motivasi berwirausaha sebagai tahap awal menjadi pengusaha muda yang handal.

Secara khusus pelatihan kewirausahaan ini juga bertujuan untuk: (1) mensinkronkan pengetahuan dibidang teknologi pertanian dengan dunia usaha, agar mahasiswa memiliki kepekaan dan wawasan bisnis berbasis ilmu yang dipelajarinya selama berada dibangku kuliah, (2) membentuk pola pikir (mindset) wirausaha dan meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang manajemen (produksi, distribusi dan konsumsi) dan (3) menyusun rencana bisnis (business plan).

Narasumber yang terlibat sebagai pemateri pada kegiatan ini terdiri dari lima narasumber, tiga narasumber merupakan dosen di lingkungan Universitas Papua dan dua narasumber lainnya merupakan pengusaha yang telah cukup lama menjadi pengusaha. Narasumber tersebut berasal dari Kabupaten Manokwari dan Bogor. Dalam sambutannya pada pembukaan kegiatan ini Dekan Fateta Dr. Zita L. Sarungallo, S.TP., M.Si menyampaikan agar kegiatan pelatihan seperti ini dapat diagendakan setiap semester agar  dapat membangkitkan entrepreneurship culture di kalangan mahasiswa.