Ditulis pada tanggal 12 April 2021

Pada hari Sabtu, 10 April 2021, Fakultas Teknologi Pertanian Unipa melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dalam bentuk pelatihan  pengolahan diversifikasi pangan berbasis sumberdaya lokal di Kampung Sidey Baru, Distrik Sidey, Manokwari.

Berbagai produk olahan pangan yang dilatih oleh tim Fateta Unipa antara lain cara pembuatan bakso ikan, abon ikan, sirup pandan tikar, kue kering pandan tikar dan selai pandan tikar.

Dalam sambutannya, Dekan Fateta Unipa, Dr. Zita L. Sarungallo, S.TP, M.Si, berharap pelatihan pengolahan diversifikasi pangan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Kampung Sidey Baru dalam memanfaatkan sumberdaya alam yang dimiliki

Kepala Kampung Sidey Baru, Imam Safi’i, dalam sambutan pembukaannya menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Fateta Unipa atas sharing pengetahuan dan kesediaan membantu masyarakat dalam membuat produk olahan. Selain itu, kepala kampung juga berpesan kepada seluruh peserta agar ilmu yang diperoleh dapat diaplikasikan, baik dalam rumah tangga maupun usaha yang dijalankan.

Kegiatan pelatihan ini difasilitasi oleh alumni Fateta Unipa, Christine Upuya, sebagai fasilitator program pengembangan desa. Peserta pelatihan sebagian besar merupakan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)

Pada akhir kegiatan, produk hasil olahan disajikan oleh tiap kelompok dan dinikmati oleh seluruh peserta pelatihan.

Seluruh aparat kampung dan masyarakat merasa puas dan sangat senang dengan kehadiran tim Fateta Unipa dan berharap kegiatan ini dapat dilakukan kembali di waktu yang akan datang. Hal ini disampaikan oleh Sekeretaris Kampung, Endang Triningsih, dalam sambutan penutupan kegiatan.